Rabu, 21 Maret 2012

Hormon Pertumbuhan Tidak Hilang Walau Sudah Tua

Seiring bertambahnya usia, hormon pertumbuhan (Human Growth Hormone/HGH) akan jadi lebih sedikit atau berkurang. Tapi ada cara alami untuk mempertahankan hormon pertumbuhan agar tidak hilang walau sudah tua.

Hormon pertumbuhan diproduksi secara alami oleh kelenjar pituary, yaitu struktur kecil di dasar otak untuk membantu memacu pertumbuhan anak dan menjaga vitalitas jaringan serta organ.

Saat ini ada sedikit bukti yang menunjukkan risiko terkait jika mengonsumsi HGH sintetik jika memang tidak dibutuhkan. Efek yang muncul mulai dari masalah ringan seperti carpal tunel syndrome dan nyeri sendi hingga masalah serius seperti diabetes dan penyakit jantung.

Tapi jangan berkecil hati terlebih dahulu, karena ada cara yang lebih baik untuk meningkatkan kadar HGH dalam tubuh yaitu secara alami dan tanpa efek samping, seperti dikutip dari Foxnews, Rabu (21/3/2012) yaitu:

1. Menyingkirkan lemak perut
Lemak perut yang berhasil dihilangkan akan membantu meningkatkan produksi dari HGH. Studi juga menunjukkan olahraga dan tetap aktif bisa membantu mengoptimalkan kadar HGH dalam tubuh seseorang.

2. Perhatikan nutrisi yang dikonsumsi
Seseorang sebaiknya menghindari karbohidrat yang memiliki nilai indeks glikemik tinggi karena telah terbukti sangat menghambat sekresi dar HGH. Namun cemilan atau makan malam sebelum tidur yang tinggi protein dan rendah karbohidrat bisa membantu produksi HGH.

3. Mendapatkan istirahat malam yang baik
Sebagian besar produksi HGH terjadi selama tidur, karenanya pola tidur yang buruk bisa memberikan kontribusi terhadap jumlah HGH yang lebih rendah dalam tubuh. Untuk itu pastikan mendapat waktu istirahat dan tidur malam yang baik dan cukup.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar