Jumat, 05 Juli 2013

Dokter Ginjal


HD bertujuan menyaring racun dalam darah sekaligus mengurangi kelebihan cairan dalam tubuh. Sebelum HD memang dilakukan penimbangan berat badan utk mengetahui penambahan cairan dlm tubuh sbg patokan volume yg akan disedot. Pasien HD harus membatasi asupan cairan maksimal sejumlah volume kencing + 500 ml. Artinya, klo vol kencing 1 liter maka asupan cairan hanya boleh maks. 1,5 ltr. Stop konsumsi semua buah2an kecuali sedikit pepaya agar kadar kalium dlm darah tdk terlalu tinggi yg berbahaya bagi jantung.
HD yang maksimal adalah 3 x 4 jam seminggu, namun atas pertimbangan biaya msh dimungkinkan 2 x 5 jam seminggu. Pasien gagal ginjal terminal tidak dapat disembuhkan spt sedia kala dan hanya dpt diperpanjang hidupnya melalui terapi pengganti ginjal (HD dan transplantasi). 



sop hd adalah
1. Pasien masuk timbang berat badan dan dibandingkan dengan berat badan setelah hd sebelumnya,itu menjadi tolak ukur penarikan cairan
2. Pasien dilakukan tensi,apabila ideal bisa dilakukan hd, tapi apabila tinggi atau rendah dilakukan istirahat dulu dan konsultasi dengan dokter jaga
3. Pasien dilakukan pemasangan hd
4. Selama hd tiap jam dilakukan evaluasi,dari tensi,keluhan pasien,pencatatan yang tercantum dalam mesin hd
5. Hd dilakukan 4-5 jam tergantung kondisi pasien
6. Sebelum hd selesai +/- 15 menit dilakukan tensi akhir
7. Setelah selesai dilakikan proses penyelesaian hd
8. Dilakukan tensi akhir dan ditimbang berat badan kembali,pasien harap mengingat untuk disampaikan pada hd berikutnya

Berat badan idela adalah berat kering buat pasien nyaman,untuk mendapatkannya mungkin agak nyeleneh,saya pakai sistem ditarik cairan tubuh sewaktu hd sampai kaki saya kram kemudian saya tambah 1 kg,dan itu nyaman buat saya selama ini.



saya copas dari salah satu Blog efek HD :

"Sering mengalami kram akibat dehidrasi karena terlalu banyak cairan yg tersedot mesin, menggigil kedinginan, pusing, mual-mual, muntah, tensi ngedrop tiba-tiba, sesak napas bahkan sampai pingsan. Biasanya badan jadi lemas, karena terkuras energy dan saripati makanan dalam darah kita. Kehilangan nafsu makan,bahkan lidahpun mati rasa. Esoknya badan masih terasa loyo. Lusanya baru mulai bertenaga lagi, itu pun kalau asupan gizinya bagus! Hari ke-3 atau ke-4 harus siap-siap HD lagi. Kulit akan semakin hitam, karena penumpukkan Fe di permukaan kulit yg tidak terbuang, gatal-gatal seluruh tubuh, osteoporosis, dan sulit tidur. Sisa fungsi ginjal semakin berkurang, akhirnya urine pun tak bisa keluar lagi. Kerja jantung semakin berat saat HD berlangsung, sehingga jantung pun beresiko tinggi mengalami gangguan. Jika terjadi uremia, sesak napas atau hiper kalemia harus cepat datang ke tempat HD, di mana pun dan kapan pun kita berada, jangan menunggu sampai esok harinya! Kalau tidak cepat diambil tindakan, maka akibatnya…..saya tak berani mengatakannya"






Gejala khas dari penyakit ginjal al:
1. Perubahan dalam buang air kecil dan warna urin
Gejala penyakit ginjal yang umum terjadi dan mudah untuk dikenali adalah dilihat dari urin yang merupakan salah satu produk hasil ekskresi. Biasanya pada penderita ginjal, ketika buang air kecil akan terasa sakit dan jumlahnya lebih sedikit. Selain itu, warna urin biasanya juga lebih pekat. Hal ini dikarenakan ginjal tidak berfungsi dengan baik. Untuk kasus tertentu, bahkan ada yang buang air kecil disertai darah.
2. Bau mulut
Gejala penyakit ginjal yang kedua ini mungkin susah untuk dibedakan dengan gejala penyakit lain, karena penyakit seperti kanker mulut pun juga disertai dengan bau mulut yang tidak sedap. Bau mulut pada penderita ginjal ini dikarenakan limbah yang begitu banyak dalam tubuh sehingga akan berakibat pada bau mulut yang tidak sedap.
3. Pembengkakan tubuh
Gejala penyakit ginjal ini dikarenakan dalam cairan yang seharusnya dikeluarkan tertimbun dalam tubuh karena terganggunya fungsi organ ekskresi. Oleh karena itu, hal ini akan mengakibatkan pembengkakan pada bagian tubuh tertentu seperti di kaki, pergelangan kaki, kaki, wajah, dan / atau tangan.
Beberapa gejala yang lainnya di antaranya sakit/nyeri punggung, tubuh terasa lemas tidak bertenaga dan tidak mampu bekerja berat, mengalami gatal-gatal pada tubuh, perut terasa nyeri dan mual bahkan bisa muntah-muntah, nafsu untuk makan berkurang sehingga berakibat turunnya berat badan, biasanya penderita sakit ginjal disertai pula dengan naiknya tekanan darah, mengalami gangguan tidur atau susah tidur, dan jika sakitnya sudah sangat parah penderita sakit ginjal bisa sangat pucat dan mengalami sesak napas.


creatin, ternyata 23 dan ureum 320. baru dr tsb mengkonsulkan ke dr ginjal dan langsung
perintah cuci darah.

Diet penderita GGK:
(1) Batasi konsumsi protein. Sebaiknya hanya konsumsi protein hewani saja dgn ketentuan 1 potong kecil saja setiap kali makan. Protein hewani lebih baik dalam mengganti sel2 tubuh yang rusak.
(2) Batasi konsumsi makanan dan sayuran yang mengandung asam urat (kacang2an, sayuran hijau, dsb.)
(3) Stop konsumsi semua jenis buah2an, kecuali sedikit pepaya agar tidak konstipasi. Ini untuk menghindari hiperkalemia.
(4) Stop konsumsi air kelapa muda yang juga mengandung kadar kalium yang tinggi.
(5) Stop konsumsi makanan/minuman berpengawet maupun minuman bersoda.
Demikian, semoga dapat memperlambat fase menuju HD...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar