Jumat, 05 Juli 2013

regenerasi sel & kolaps - 01


pada pasien ginjal (non DM), diiet rendah protein, sebagai gantinya, gula bisa ditambah.
Dengan demikian kreatinin bisa "turun".

saya umur 55 tahun tgl 6 april diponis dr gagal ginjal kronis dinyatakan ginjalnya sdh100 persen tdk perfungsi dan mengkerut , dgn hasil lab, kreatinin 8,3 ureum 230 dan asam urat 10.7 hasil terakhir tgl 13 mei asam urat turun jd 4,4, ureum 70 dan creatinin 6,3 saat dianjurkan cuci darah 3 x seminggu kami lakukan dgn disiplin, lalu lakukan diet protein, juga lakukan suntikan Hemapo 1 kali dlm seminggu dg tujuan menaikan HB. Terus saya juga memberikan makanan agar2 yg dimasak dgn sedikit gula setiap siang kira 2 potong.yg jelas pantangan2 untuk pasien HD dijalankan, itu lah yg saya lakukan hasilnya dalam 1 bulan semuanya turun ,walau untk creatinin penurunanya blm significan



Kata dokter Partini n Dr. Arry Ronjani di RSCM sebagai penasihat saya, sakit ginjal Terminal Tidak Reversible alias tidak dapat sembuh/normal kembali.
 


Bapak saya didiagnosa gagal ginjal 3 bulan yang lalu, terakhir kreatinin 2.50 setelah HD 5 x sewaktu dirawat di rumah sakit kemarin, setelah keluar dari rumah sakit memutuskan untuk tidak mengambil HD rutin karena berbagai pertimbangan, salah satunya saya pernah baca artikel tentang penelitian di Amerika yang menyimpulkan "rata-rata bahwa penderita gagal ginjal yang ginjalnya di atas 5 % apabila melakukan HD terlalu dini, mengakibatkan pasien cepat meninggal di tahun pertama ataupun kedua dibanding yang tidak melakukan HD"
 

di dunia kedokteran itu ada tidak yaa istilah "regenerasi sel" ?
apakah benar organ Ginjal itu tidak bisa meregenerasi sel ?
ada tetangga saya waktu itu meninggal sehabis HD langsung kolaps

Tidak ada komentar:

Posting Komentar