Senin, 15 Juli 2013

Mengukur GFR Untuk Mendeteksi Penyakit Gagal Ginjal Kronik

Seseorang Dinyatakan Menderita Penyakit Gagal Ginjal Kronik (Chronic Kidney Disease) Dengan Cara Mengukur GFR (Glomerular Filtration Rate).

Menurut Wikipedia Indonesia arti Glomerular Filtration Rate atau GFR adalah sebagai berikut;
Laju filtrasi glomerular (LFG) (bahasa Inggris: Gromerular filtration rate (GFR)) adalah laju rata-rata penyaringan darah yang terjadi di glomerulus yaitu sekitar 25% dari total curah jantung per menit,± 1,300 ml . LFG digunakan sebagai salah satu indikator menilai fungsi ginjal. Biasanya digunakan untuk menghitung bersihan kreatinin yang selanjutnya dimasukkan kedalam formula.
Komposisi dari hasil filtrasi glomerulus adalah kalsium, asam lemak, dan mineral. LFG di hitung dari hasil Koefisien filtrasidan tekanan filtrasi bersih. Koefisien filtrasi adalah 12.5 ml/min/mmHg. Sedangkan Tekanan filtrasi bersih dapat dihitung dengan mencari selisih antara tekanan hidrostatik glomerulus dikurangi hasil penjumlahan tekanan onkotik glomerulusdengan tekanan kapsula bowman.
Nilai GFR normal adalah 90 – 120 mL/min/1.73 m2.
Perhitungan GFR Pada Gagal Ginjal

Anda bisa mengetahui GFR anda dengan cara menggunakan alat bantu kalkulasi ini, untuk menggunakan alat kalkulasi ini terlebih dahulu anda harus mengetahui kadar Kreatinin anda. (Untuk mengetahui kadar kreatinin anda harus memeriksa diri di Laboratorium).
Setelah mengetahui kadar Kreatinin, anda bisa menggunakan Kalkulator GFR (http://easycalculation.com/medical/gfr.php) :

Kalkulator GFR

Rumus Menghitung GFR-Rumus Glomerular Filtration Rate berdasarkan alat Kalkulasi GFR adalah sebagai berikut  :

GFR for male: (140 – age) x wt(kg) / [72 x Serum Creatinine]
GFR for female: GFR(females) = GFR(males) x 0.85


Panduan Bahasa Indonesia Menggunakan Kalkulator GFR:
  • Isilah “Age in Years” dengan umur anda sekarang; misalnya : 36 (jika anda umur 36 tahun).
  • Pilihlah “Patient Gender” anda, “Male” jika anda Pria dan “Female” jika anda Wanita.
  • Isilah “Weight” dengan berat badan anda sekarang, misalnya : 60 (jika berat anda 60 kg) dan pilihlah satuan “KG”
  • Isilah “Serum Creatinine” sesuai dengan jumlah yang anda dapatkan dari hasil pemeriksaan laboratorium pada kadar kreatinin anda.
  • Hasil GFR akan keluar pada alat kalkulasi dan anda bisa mengklasifikasikan penderita gagal ginjal ke dalam stadium sesuai Tabel dibawah ini:
Bagaimana Seseorang Dinyatakan Menderita Penyakit Gagal Ginjal Kronik

Nilai GFR <60mL/min/1,73m2 selama ≥ 3 bulan dengan atau tanpa kerusakan ginjal atau Terdapat kerusakan / kelainan ginjal selama ≥ 3 bulan dengan atau tanpa penurunan GFR.
Keterangan: GFR pada Gagal Ginjal adalah jika nilai GFR pasien dibawah 60mL/min maka artinya anda perlu Terapi Ginjal secepatnya sebelum kondisi ginjal nya bertambah parah.
 
Apabila GFR ≥ 60mL/min/ 1, 73 m2 dan tidak ada indikasi kerusakan / kelainan ginjal maka tidak dinyatakan sebagai penyakit ginjal kronik
Keterangan: GFR normal adalah jika nilai GFR berada diatas 60mL/min selama 3 bulan, ini menandakan pasien tersebut sehat dan tidak mempunyai masalah ginjal.
Keterangan: Perhitungan GFR diatas adalah rumus sederhana yang digunakan untuk mengukur GFR. Perhitungan GFR di laboratorium atau rumah sakit bisa saja mempunyai rumus yang berbeda dan bisa mempunyai perhitungan yang lebih tepat. Alat bantu kalkulasi GFR ini hanya untuk mempermudah pasien gagal ginjal kronik menentukan secara garis besar kondisi ginjal berdasarkan stadium tabel diatas sehingga bisa lebih cepat mengambil tindakan preventif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar